Tue. Dec 6th, 2022

Siapa diantara sahabat Bonanza yang suka bermain bola voli ? permainan bola satu ini dimainkan oleh dua regu secara berlawanan.

Pada dasarnya, permainan bola voli membutuhkan sebuah lapangan,bola dan tentunya net pemisah antara tim satu dan tim dua. 

Berdasarkan regulasi dari Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), ukuran bola mempunyai lingkar 65-67 cm. Sementara untuk masa berat bolanya mencapai 260 – 280 gram.

Meskipun olahraga bola voli sangat seru dimainkan bersama teman-teman, tetapi terkadang selalu timbul satu pertanyaan mengenal sejarah permainan olahraga satu ini. 

Sejarah Bola Voli

 

Melansir website resmi FIVB, olahraga voly kali pertama ditemukan pada 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Sang pencipta olahraga ini yakniWilliam George Morgan.

 

Dimana beliau adalah seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christian Association (YMCA). 

 

Awalnya, olahraga ini bernama Mintonette. Namun lambat laun berubah menjadi volleyball atau bola voli yang terjadi pada tahun 1896, ketika dilakukan demonstrasi pertandingan pertama di YMCA.

Kemudian setelah selesai melakukan demontrasi, Profesor Alfred T. Halstead lantas mengusulkan agar nama permainan ini diubah menjadi permainan bola voli. 

Lantas William G. Morgan dan peserta dalam konferensi menyetujui usulan tersebut. Dirinya lalu menyusun sebuah buku berisi peraturan bola voli. 

Peraturan ini pun diterbitkan pada Juli 1896, dan masuk di peraturan Liga Atletik YMCA Amerika Utara,1897. 

Hingga kini, olahraga voli dikenal di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dimana, bola voli menjadi satu dari cabang olahraga yang diperhitungkan.

Peraturan Bola Voli

Berdasarkan kutipan sebuah buku pendidikan jasmani berjudul  ‘Melatih Gerak dengan Bola’ karangan Widayanti, dkk, dikemukakan, seorang pemain voli wajib melambungkan bola dengan melakukan teknik passing dan melewati net tak lebih dari tiga kali sentuhan. 

 

Tim pemenang olahraga voli adalah tim yang pertama kali mendapatkan skor 25 atau wajib selisih dua angka antar tiap regu. 

 

Lalu, adapun sarana dan prasarana olahraga bola voli yakni terdiri dari lapangan, net, dan bola voli. Sementara, sarana yang dipergunakan pemain antara lain kaos tim serta sepatu olahraga.

Ketika bermain voli, sebetulnya tidak harus dilakukan sebanyak 6 orang. Bahkan permainan ini dapat dilakukan oleh 4 orang dimana saling melakukan passing.

Teknik Dasar Bermain Voli

 

Ketika bermain bola voli, ada beberapa teknik dasar yang wajib diketahui dan dikuasai pemain yakni service, passing, smash dan bendungan.

 

  • Servis

 

Ini adalah sebuah pukulan bola yang biasa dilakukan dari arah belakang di garus akhir lapangan permainan hingga melewati net ke wilayah lawan.

Lazimnya, teknik ini dilakukan dengan sebuah pukulan keras serta kecepatan sangat tinggi. Ini ditunjukan agar lawan tak dapat mengendalikan bola yang datang sehingga akan mendapatkan poin atau angka.

Diketahui, terdapat berbagai jenis service yakni servis atas kepala atau overhead service, servis tangan bawah atau underhand service serta terakhir servis loncat jump service.

  • Passing

Teknik ini tak lain adalah melakukan oper bola kepada pasangan main agar dimainkan di dalam area tim sendiri. Pada dasarnya, passing dibedakan menjadi dua jenis, yakni passing atas dan passing bawah. 

Pada passing atas biasanya dilakukan dengan sikap tangan ketika akan menerima bola dimana perkenaan bola pada jari-jari tangan. Lalu, gerakan lengan untuk mendorong bola ke atas, siku serta  lutut sedikit ditekuk agar memberi dorongan ketika melakukan passing. 

Sementara passing atas yakni dilakukan dengan posisi badan agak sedikit condong ke depan serta kepala menghadap ke atas. 

Teknik passing atas kerap dipergunakan jika terdapat bola berada di atas kepala yang menghadap lurus dengan posisi badan untuk menerima service.

Sementara itu, passing bawah dapat dilakukan dengan cara lengan tangan lurus dirapatkan lalu perkenaan bola di antara kedua lengan dan jangan lupa gerakan lengan diayunkan dari posisi bawah ke atas hingga lurus dengan bahu.

Dan lutut sedikit agak ditekuk dan kaki dibuka selebar bahu. Dalam olahraga bola voli, passing bawah dapat dilakukan untuk menjaga pertahanan tim ketika ada serangan lawan.

By miminwp