Tue. Dec 6th, 2022

Berbicara Piala Dunia sepak bola menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan. Turnamen olahraga empat tahunan tersebut selalu dinanti untuk ditonton oleh jutaan pasang mata di seluruh dunia.

Berdasarkan Bonanza88, Piala Dunia pertama kali diadakan tahun 1930 di ibukota Montevideo, Uruguay. Kala itu, hanya diikuti sebanyak 13 tim nasional. 

Kemudian 13 tim nasional tersebut terbagi menjadi 4 grup. Dimana, grup 1 terdiri dari tim nasinal Argentina, Chili, Pranci serta Meksiko.

Sementara grup 2 yakni Brazil, Bolivia dan Yugoslavia. Lalu grup 3 S Peru, Uruguay dan Rumania. Dan grup 4 terdiri dari AS, Paraguay dan Belgia.

Saat itu, Uruguay keluar sebagai sang pemenang sebagai juara Piala Dunia Pertama. Dimana berhasil mengalahkan Argentina dengan hasil skor 4-2.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Qatar resmi menjadi tuan rumah dengan segala persiapan maksimal untuk menyambut pesta olahraga terbesar di dunia.

 

Perhelatan akbar Piala Dunia diikuti oleh berbagai tim nasional putra senior yang masuk dalam anggota Federation Internationale de Football Association (FIFA). 

 

Pertanyaannya, negara apakah yang bakal menjadi pemenang Piala Dunia 2022 yang dihelat pada 21 November – 18 Desember 2022 mendatang.

 

Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh banyak orang terkait siapa negara yang menjadi juara Piala Dunia Terbanyak ?

Pasti sebagian dari pecinta sepak bola sudah mengetahuinya bukan. Bagi yang belum tahu, Bonanza88 akan menjelaskannya

 

Brazil

 

Sejak Piala Dunia yang digelar pertama kali tahun 1930, rupanya Brazil menjadi negara dengan pemegang juara Piala Dunia terbanyak.

 

Negara Samba ini menempati posisi teratas dengan mengantongi koleksi trofi piala sebanyak 5 kali pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan terakhir tahun 2002.

 

Pertama kali Brasil memenangkan Piala Dunia pada1958. Kala itu, Timnas Samba diperkuat Edvaldo Jizídio Neto (Vava) dan Edson Arantes do Nascimento atau beken dengan panggilan Pele.

Pada partai final Piala Dunia, Brasil berhasil menundukan Swedia yang menjadi tim tuan rumah dengan skor 5-2. 

Pada gelaran Piala Dunia 1962, Brasil berhasil mempertahankan gelarnya sebagai jawara Piala Dunia di edisi 1962. Meski tanpa kehadiran Pele, Brasil sukses mengalahkan Cekoslovakia dengan skor 3-1 pada partai final.

Kemudian setelah gagal menjadi juara di beberapa edisi, Brasil pun kembali merengkuh trofi Piala Dunia tahun 1970. Saat itu, Brasil tampil cemerlang sepanjang turnamen dan melibas Italia di partai final.

Pada edisi Piala Dunia 1994, Brazil kembali menjadi juara setelah di partai final mengalahkan Italia via adu penalti dengan skor 3-2. Sebelumnya di waktu normal, Brasil dan Italia bermain sama kuat yakni 0-0.

Di Piala Dunia 1994 menandakan lahirnya penyerang baru Brasil yakni seorang bocah 17 tahun bernama Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Ronaldo diperkuat dengan lima penyerang Brasil lain, yakni Romario Faria, Bebeto, Paulo Sergio, Luis Antonio Correa da Costa (Muller) dan Viola.

Jerman

Pada posisi kedua disusul oleh Jerman dengan koleksi empat trofi kemenangan yang dicapai pada 1954, 1974, 1990, dan 2014.

Trofi kemenangan perdana Piala Dunia tahun 1954 menjadi awal kebangkitan tim Jerman. Sejak saat itu, nama Jerman semakin diperhitungkan oleh tim negara lain dalam penyelenggaraan Piala Dunia.

 

Ya, sejak kemenangan Piala Dunia 1954, Timnas Jerman kerap menjadi tim favorit juara dan berlangganan masuk babak final. Seperti pada final Piala Dunia 1966 yang harus menelan pil kekalahan. 

 

Namun setelah kalah di partai final tersebut, Jerman akhirnya membawa pulang trofi kemenangan Piala Dunia 1974 setelah mengandaskan Belanda dengan skor 2-1 di partai puncak.

Kemudian pada gelaran Piala Dunia tahun 1990, Jerman kembali menjadi pemenangnya. Kala itu, Andreas Brehme dan timnya di partai final berhasil melibas Diego Maradona dengan total skor 1-0. Ini menjadi kemenangan balas dendam atas kekalahan Jerman di partai final empat tahun sebelumnya.

 

Juara Piala Dunia ke empat nagi Jerman akhirnya datang pada tahun 2014. Dimana pada partai final Jerman berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 1-0.

By miminwp