Tue. Dec 6th, 2022

Orang-orang yang memiliki kaitan dengan website atau blog tentu harus memahami perihal SEO. SEO atau search engine optimization adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan suatu situs web agar mendapatkan rating atau peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin Google. Jika Anda merupakan orang yang baru terjun dalam dunia website atau blog, sangat perlu memahami tentang SEO ini serta tujuannya. Maka dari itu di sini akan dibahas sekilas tentang SEO dan tujuannya agar Anda bisa paham dan bisa mengoptimalisasi situs web milik nantinya.

Apa itu SEO?

SEO atau search engine optimization adalah cara untuk optimalisasi website supaya situs website yang bersangkutan bisa mendapatkan peringkat atas dalam pencarian di mesin pencari baik Google atau yang lain. 

Ketika suatu website menerapkan optimasi SEO ini maka website tersebut akan bisa dengan mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan yakni traffic yang tinggi dan juga tepat sasaran. 

Secara umum memang SEO ini memiliki tujuan untuk meningkatkan volume dan juga kualitas traffic kunjungan suatu website melalui mesin pencari apapun untuk bisa menuju ke situs website.  

Lebih jauh, pengertian dari search engine optimization ini adalah suatu proses rangkaian yang dilaksanakan secara sistematis dengan bertujuan demi meningkatkan volume serta kualitas traffic kunjungan suatu website lewat mesin pencari apapun menuju situs website. 

SEO ini memanfaatkan suatu mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari apapun. Secara sederhana SEO bisa diartikan sebagai cara atau langkah untuk optimalisasi suatu situs web, agar situs tersebut bisa masuk ke peringkat atas di hasil pencarian atau secara khusus di organic research. 

Organic research ini dijalankan oleh user ketika memasukkan suatu kata kunci atau keyword pencarian, di browser serta search engine. 

Tidak hanya berlaku pada mesin pencari Google saja, namun juga berlaku berbagai macam mesin pencari seperti Bing, Yahoo, dan masih banyak lagi.

SEO Menurut beberapa Ahli

Berapa ahli juga memberikan pendapatnya mengenai pengertian dari Seo ini seperti misalnya Rand Fishkin dan Niel Patel. 

Menurut Rand Fishkin, SEO itu merupakan suatu kombinasi dari taktik dan juga strategi yang mencakup namun tidak terbatas oleh optimalisasi informasi, kemudahan pengguna, fokus kualitas konten, penargetan visitor, desain, pengembangan suatu website, riset keyword, penempatan keyword, link building, media sosial, dan berbagai macam elemen marketing online dan offline yang mendukung tujuan untuk dapat menerima banyak traffic atau visitor dari sebuah search engine. 

Sementara itu Niel Patel memberikan berpendapat bahwa Search Engine Optimization ini merupakan sebuah seni untuk dapat memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut yang nantinya bisa digunakan untuk membuat situs yang memiliki peringkat tinggi dan peringkat tersebut terus meningkat di dalam search engine seperti Bing, Google, Yahoo, dan mesin pencari yang lain.

Tujuan SEO

Seperti judulnya, di artikel ini akan membahas mengenai sekilas tentang SEO dan tujuannya. Setelah mengetahui sedikit tentang pengertian SEO kini Anda harus memahami juga tujuan dari SEO ini sendiri. 

Sebelumnya, sudah dikatakan sekilas bahwa SEO ini memiliki tujuan Untuk membuat suatu situs website agar berada di posisi atas atau setidaknya muncul di halaman awal dari hasil pencarian mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu yang sudah ditargetkan. 

Jika dilihat secara logika, suatu situs web yang berhasil menempati posisi atas atau setidaknya di halaman pertama pada pencarian dengan keyword tertentu, akan memiliki peluang lebih besar untuk menarik visitor. 

Jarang sekali orang-orang yang melakukan pencarian dan membuka halaman berikutnya. Pasti kebanyakan dari mereka akan secara otomatis memilih artikel yang ada di halaman pertama. 

Di era modern ini, SEO tidak hanya dimanfaatkan untuk mencapai tujuan suatu website agar bisa masuk ke di halaman awal, namun SEO kini telah digunakan sebagai sarana media bisnis. 

Sebab suatu perusahaan yang pemasarannya berbasis situs website, akan sangat memerlukan optimalisasi mesin pencari agar web yang mereka miliki bisa masuk ke peringkat atas atau paling tidak halaman pertama. 

Tujuannya agar ketika orang-orang mencari dengan keyword yang berhubungan dengan perusahaan tersebut, website mereka bisa langsung dilirik oleh para visitor jika berada di peringkat atas. 

Search engine di Google memang menggunakan algoritma-algoritma tertentu untuk menentukan peringkat suatu website. Bahkan algoritma Google bisa berubah setiap harinya. 

Dan untuk mengimplementasikan SEO yang baik dan benar, Anda sangat perlu untuk melakukan penyesuaian algoritma Google terbaru, supaya situs yang Anda pegang bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian yang digunakan.

Kelebihan SEO Untuk Website Bisnis

Pelaku bisnis memang perlu memanfaatkan SEO ini untuk web usaha mereka. Sebab, penggunaan SEO ini memiliki beberapa kelebihan yang berguna untuk perkembangan sebuah bisnis. Apa saja kelebihannya? 

  • Membangun kepercayaan dan kredibilitas website
  • Membantu perusahaan mendengarkan konsumen
  • Memberikan kenyamanan bagi pengunjung website
  • Meningkatkan Engagement, Traffic dan Conversion
  • Meningkatkan penjualan
  • Dapat menjadi investasi jangka panjang

Demikianlah pembahasan sekilas tentang SEO dan tujuannya. Semoga bermanfaat!

By miminwp