Tue. Dec 6th, 2022

Sistem operasi Android tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebab sistem ini yang kini digunakan pada banyak perangkat smartphone. Bagi pengguna Android tentu Anda pasti tahu bahwa perkembangan Android sangat pesat dari tahun ke tahun. Mereka selalu mengeluarkan sistem operasi Android versi terbaru untuk lebih mengoptimalkan fungsi operating system mereka. Meskipun Android sangat terkenal, namun masih banyak penggunaan Android bahkan diri Anda sendiri yang belum mengetahui mengenai sejarah perkembangan teknologi Android. 

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mengenai perkembangan teknologi Android dari dulu hingga sekarang, di sini akan dijelaskan lebih rinci mengenai pengertian Android dan juga perkembangan teknologi Android ini. 

Silakan simak baik-baik pengetahuan mengenai teknologi Android lebih banyak, sehingga nantinya ketika ingin membeli smartphone atau perangkat gadget yang bersistem Android, Anda bisa tahu operasi sistem Android mana yang terbaru.

Apa Itu Android?

Sebelum membahas tentang sejarahnya ada baiknya Anda mengetahui mengenai pengertian Android. Android merupakan salah satu operasi sistem yang dirancang khusus untuk gadget seperti smartphone ataupun tablet. 

Jika Anda belum mengetahui, bahwasanya Android ini memiliki basis sistem Linux yang berarti bahwa pondasi dasar Android ini adalah Linux. 

Linux sendiri merupakan sistem operasi yang dirancang untuk smartphone dan tablet. Hal ini yang membuat operating system Android yang tersemat dalam smartphone, menyesuaikan dengan tingkat kelas smartphone yang bersangkutan, mulai dari low end hingga high end. 

Sehingga penyesuaian ini yang membuat sistem operasi Android memiliki perkembangan yang sangat tajam. 

Android sendiri merupakan salah satu operating system terbuka atau open source. Ini berarti pihak Google mengizinkan pihak manapun untuk mengembangkan sistem operasi tersebut.  

Di dalam sistem Android ini juga memiliki toko aplikasi yang kita kenal sebagai Google Play Store, di mana Di toko tersebut Anda bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi atau game secara gratis maupun berbayar. 

Di dunia teknologi ada dua jenis distributor Android, yang pertama adalah Android dukungan penuh di Google atau Google Mail service (GMS) dan yang kedua adalah Android yang benar-benar bebas distribusinya tanpa adanya dukungan langsung dari Google atau kerap disebut sebagai Open Handset Distribution (OHD), distributor yang kedua inilah yang sering kita temui pada smartphone Android di pada umumnya.

Sejarah perkembangan teknologi Android

Teknologi memang memiliki perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun termasuk Android. Sebagai salah satu sistem operasi yang terkenal tentu Android memiliki sejarahnya tersendiri untuk berkembang seperti sekarang. 

Android Inc merupakan perusahaan teknologi yang didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris Whitep pada tahun 2003 di Palo Alto, California Amerika Serikat. Perusahaan ini merupakan perusahaan baru yang berkutat dalam piranti perangkat lunak untuk ponsel. 

Pada awal berdirinya, operasi sistem Android ini diperuntukkan untuk kamera yang bisa terkoneksi ke PC dan dihubungkan menggunakan Android Data Center. 

Setelah pihak Android menyadari bahwa pasar sistem operasi mereka sangat terbatas karena hanya diperuntukkan untuk kamera saja, maka pihak perusahaan kemudian membuat putusan mengubah sistem operasi Android ini untuk diperuntukkan bagi ponsel. Dan dari sinilah asal muasal Android bisa melejit seperti sekarang. 

Konsep Android yang bisa dibilang menakjubkan kemudian menarik perhatian Google untuk mengakuisisi perusahaan Android Inc. 

Dan untuk mempercanggih sistem operasi Android dibentuk Open Handset Alliance konsorsium yang terdiri atas 34 perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan juga telekomunikasi di antaranya Google, Intel, HTC, Motorola, Qualcomm, dan juga T-Mobile. 

Dari sini sejarah perkembangan teknologi Android di bawah naungan Google dimulai. Android dirilis oleh Google pertama kali pada tahun 2007 tepatnya di tanggal 5 November yang didukung juga oleh Open Handset Alliance. Hingga kemudian Ponsel pintar pertama yang disemati sistem Android adalah HTC dream yang dirilis pada tahun 2008 silam.

Meskipun dalam penerbitan dan perkembangannya Android ini kalah dengan sistem operasi iOS yang dibentuk oleh Apple Inc, namun sekarang ini Android sudah bisa merajai pasar smartphone di seluruh dunia. 

Bahkan sekarang tidak hanya terbatas pada smartphone, Google mulai mengembangkan beberapa perangkat menggunakan sistem operasi Android, seperti TV, Android auto pada mobil, Android Wear pada Smartwatch, dan masih banyak lagi.

Perkembangan Sistem Android

Setelah mengetahui sejarah perkembangan teknologi Android, kini Anda juga perlu tahu, bahwa Android memiliki beberapa versi Android yang terus dikembangkannya. Apa saja? 

  • Android versi 1.6 (Donut)
  • Androoid Versi 2.0/2.1 (Eclair)
  • Android Versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
  • Android Versi 2.3 (Gingerbread)
  • Android Versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
  • Android Versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
  • Android Versi 4.1 (Jelly Bean)
  • Android 4.4 (Kitkat)
  • Android 5.0 (Lollipop)
  • Android 6.0 (Marshmellow)
  • Android 7.0 (Nougat)
  • Android 8.0 (Oreo)
  • Android 9.0 (Pie)
  • Android 10

Demikian sejarah perkembangan teknologi Android yang bisa diuraikan, semoga bermanfaat. 

By miminwp