Tue. Dec 6th, 2022

Apakah PC atau komputer Anda yang lambat membuat Anda kehilangan akal? Jangan mulai mencari pengganti dulu. Bonanza88 punya beberapa tip dan trik untuk dicoba yang mungkin bisa mempercepat PC Anda dan membantu Anda menunda pembelian PC baru yang mahal.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada seberapa cepat komputer Anda dapat menjalankan program, menangani banyak tab browser internet, streaming media, mengedit foto/video, dan melakukan tugas berat lainnya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa komputer Anda dari virus dan malware. Jika Anda belum melakukannya, Bonanza88 sangat menyarankan Anda membeli semacam perlindungan antivirus di komputer Anda. Hal ini dapat mencegah bug dan adware jahat di PC Anda yang akan membuat kinerja PC jadi lambat.

Selanjutnya adalah membersihkan file sementara atau cache di komputer Anda dan di browser internet pilihan Anda. Ini merupakan salah satu cara paling sederhana untuk berpotensi mempercepat kinerja PC Anda.

Sebagai gambaran, komputer Anda menyimpan file-file sementara yang berguna menjalankan sebuah perintah atau program lebih cepat. Tetapi ketika file-file sementara ini menumpuk, mereka sebenarnya dapat memperlambat kinerja PC Anda.

Untuk menghapus cache pada PC Anda, Anda harus memilih opsi Disk Cleanup yang dapat Anda temukan dengan mencari di menu Start. Pilih Temporary Files (File Sementara) Anda dari menu gulir ke bawah untuk menghapusnya. Anda juga mungkin perlu mengosongkan Recycle Bin sekalian.

Untuk menghapus cache di browser, Anda harus menghapus file-file sementara di bawah pengaturan browser pilihan Anda. Pastikan untuk melakukan ini pada setiap browser yang Anda gunakan (Google Chrome, Internet Explorer, Firefox, dll.) untuk mengosongkan ruang sebanyak mungkin.

Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan memeriksa virus dan menghapus file sementara serta membersihkan Recycle Bin, melakukan defrag hard drive dapat membantu komputer mengoptimalkan ruang yang baru saja Anda kosongkan.

Untuk melakukan ini, buka Control Panel (Panel Kontrol) PC Anda, lalu pilih opsi Systemand Security Option. Anda dapat menemukan opsi untuk mendefrag disk Anda di bawah Administrative Tools.

Harap dicatat bahwa proses defrag mungkin memakan waktu. Itu bisa mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam.

Terakhir adalah menambah RAM. Bagaimanapun, salah satu faktor utama kinerja PC adalah seberapa efisien PC Anda menggunakan memorinya, baik penyimpanan di hard drive maupun melalui Memori Akses Acak alias RAM.

Sederhananya, dibutuhkan lebih banyak energi bagi komputer untuk memulai dan menjalankan jika kelebihan beban dengan program yang tidak digunakan dan proses yang tidak perlu.

Mengosongkan ruang pada hard drive Anda dan meningkatkan RAM Anda adalah solusi yang mungkin jika Anda mencoba untuk meningkatkan kecepatan komputer Anda, tetapi ada beberapa hal lain untuk dicoba juga.

RAM komputer Anda pada dasarnya berfungsi sebagai pusat data jangka pendek PC Anda. Jadi kalau RAM sudah kewalahan, hasilnya sudah pasti PC Anda jadi performa loyo.

Untungnya, untuk kebanyakan komputer, mengupgrade RAM bukanlah proses yang sulit. Namun, ini melibatkan membuka PC Anda dan menangani komponen sensitif. Jadi beberapa kehati-hatian dan persiapan diperlukan untuk menghindari kerusakan komputer Anda.

Secara umum, RAM 8GB sudah cukup untuk memberikan kecepatan penelusuran yang cepat dan multi-tasking yang mungkin dicari oleh pengguna PC awam dalam kinerja.

Namun, jika Anda ingin komputer Anda lebih cepat untuk menangani game, Anda dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan ke 16GB (atau bahkan 32GB jika motherboard Anda dapat menanganinya). Namun, jumlah RAM segitu bisa berlebihan (dan mahal) untuk rata-rata pengguna komputer.

Proses dasar pemasangan RAM baru hanya dengan mencabut memori lama dan menggantinya dengan yang baru. Tetapi perlu dicatat bahwa proses ini jauh lebih sederhana pada PC desktop daripada laptop. 

Ingat, sebelum membeli kartu RAM baru, pastikan PC Anda mampu menerima peningkatan tersebut. RAM maksimum yang dapat ditangani komputer Anda adalah batas bawah dari apa pun yang dapat ditampung oleh motherboard dan sistem operasi Anda.

Bonanza88 juga menyarankan harus memeriksa terlebih dulu apakah PC Anda menggunakan RAM tipe DDR3 atau DDR4. Selebihnya, Anda dapat menemukan RAM yang diinginkan di sejumlah toko online.

By miminwp