Tue. Dec 6th, 2022

Kesehatan merupakan salah satu hal yang memang harus diperhatikan. Siapa yang tidak menginginkan tubuh yang sehat dan bahagia terus menerus?

Tentu seluruh manusia di dunia ini, menginginkan hal itu. Namun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok.

Maka dari itu, untuk menghadapi dan menghindari resiko-resiko yang bisa terjadi kapan saja, Anda perlu memiliki yang namanya solusi menjaga jiwa dan raga, yakni dengan cara membuat asuransi. Ketika hal ini merupakan keputusan pertama kali, maka Anda perlu tahu mengenai tips dalam memilih produk asuransi yang tepat. 

Karena Andapun tahu sekarang ini banyak sekali agen-agen asuransi yang terdapat di Indonesia yang menawarkan berbagai macam fasilitas unggulan yang mereka miliki. 

Namun, sebagai seseorang yang bijak, tentu Anda perlu memilih asuransi yang benar-benar terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus agar tujuan Anda memiliki asuransi untuk proteksi diri tercapai. 

Lantas bagaimana cara memilih produk asuransi yang tepat berikut akan diberikan tipsnya.

Tips memilih produk asuransi yang tepat

Asuransi memang masih banyak diabaikan oleh orang-orang, padahal memiliki asuransi merupakan hal penting. Sebab tujuan dari asuransi yang paling utama adalah untuk proteksi, baik untuk melindungi kesehatan jiwa diri Anda sendiri ataupun keluarga dan juga untuk melindungi aset-aset berharga yang Anda miliki seperti misalnya kendaraan. 

Jika Anda masih tergolong pemula, untuk memutuskan memiliki asuransi, maka Anda tidak perlu khawatir untuk memulainya, karena meskipun Anda baru pertama kali, sudah banyak informasi-informasi mengenai apa itu asuransi, bagaimana cara mendapatkannya, dan juga bagaimana memilih agen asuransi yang baik yang bisa Anda dapatkan di berbagai macam platform social media, blog, ataupun YouTube. 

Kali ini pun, Anda juga bisa membaca beberapa tips dalam memilih produk asuransi yang tepat di artikel ini. 

Jadi, jika Anda masih bingung untuk memilih agen asuransi mana yang harus ada percaya untuk memproteksi diri Anda ataupun barang-barang berharga Anda, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan nantinya.  

  1. Melihat track record perusahaan

Tips dalam memilih produk asuransi yang tepat nomor 1 adalah Anda harus memeriksa reputasi dan juga memeriksa track record perusahaan asuransi yang ingin anda pilih.  

Hal ini harus Anda perhatikan karena asuransi jiwa memiliki pemakaian dengan jangka waktu yang panjang, sehingga Anda harus mengecek bagaimana keuangan perusahaan asuransi tersebut apakah stabil atau tidak, serta memeriksa apakah perusahaan asuransi tersebut bisa dipercaya atau tidak.  

Untuk tahap yang lebih lanjut, Anda juga bisa memeriksa perusahaan asuransi yang Anda tuju apakah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau tidak, sebab salah satu prosedur perusahaan asuransi terpercaya harus terdaftar di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. 

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi mengenai reputasi dan kredibilitas perusahaan asuransi melalui media sosial ataupun melalui review yang biasanya ada di platform YouTube.  

  1. Memilih premi asuransi yang sesuai dengan Financial

Selanjutnya untuk memilih asuransi yang tepat dan baik, yakni dengan memilih asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

Sebagai pemula, Anda memang harus memilih produk asuransi yang sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Sebab sebagian pemula, yang notabene anak muda, jika dilihat di zaman sekarang memiliki gaya hidup yang tinggi tanpa, pernah memikirkan bagaimana masa depan nanti. Sehingga tidak sedikit pemuda yang kemudian terjebak di gaya hidup tinggi lalu lupa untuk mempersiapkan masa depan. 

Sebagai anak muda yang cerdas, maka sebaiknya Anda mulai melakukan perencanaan yang baik, seperti salah satunya mempersiapkan kesehatan dan jiwa supaya tidak membebani orang lain di masa depan. 

Dengan pemikiran masa depan seperti ini, Anda bisa mengalokasikan anggaran premi asuransi jiwa sesuai dengan kemampuan keuangan yang Anda miliki. Jangan sampai premi asuransi tersebut mengganggu kondisi keuangan Anda.  

  1. Jangan Menunda untuk memiliki asuransi

Tips dalam memilih produk asuransi yang tepat selanjutnya adalah jangan pernah menunda-nunda lagi untuk membeli asuransi.  

Biasanya pemula, bukan hanya anak muda akan menunda-nunda atau bahkan tidak membeli asuransi, karena mereka merasa tidak akan mendapatkan manfaatnya secara langsung. Padahal asuransi ini bisa dirasakan manfaatnya di kemudian hari. 

Jika anda terus menunda membeli produk Asuransi dan baru terpikirkan untuk membelinya di usia tua, maka harga premi asuransi biasanya akan semakin mahal.

Hal ini dikarenakan perusahaan asuransi mengharuskan yang namanya medical check up untuk memeriksa kesehatan sebelum mendapatkan asuransinya. 

Yang perlu Anda ketahui, bahwa kondisi kesehatan calon pemilik asuransi juga mempengaruhi harga premi suatu produk Asuransi. 

Jadi memang disarankan untuk membeli produk asuransi di umur yang masih muda, karena biasanya anak muda masih sehat sehingga premi asuransi nantinya juga tidak terlalu mahal.  

  1. Pilih produk Asuransi sesuai kebutuhan

Tips dalam memilih produk asuransi yang tepat selanjutnya adalah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum membeli produk Asuransi, amati terlebih dahulu asuransi seperti apa yang Anda butuhkan, karena produk Asuransi cukup beragam, seperti misalnya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, sampai asuransi kendaraan. 

Pastikan Anda memilih produk asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan diri Anda. 

Demikianlah tips dalam memilih produk asuransi yang tepat yang dapat diuraikan di atas ini semoga pembahasan tersebut dan bermanfaat untuk Anda.

By miminwp