Fri. Jan 27th, 2023

Menurut Bonanza88, Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar berakhir dengan dramatis dan penuh sensasi.

Memang turnamen sepak bola yang mempertemukan 32 tim nasional papan atas dari lima konfederasi ini tidak pernah kekurangan akan momen seru dan bersejarah.

Dari sentuhan mencolok Cristiano Ronaldo hingga gol dan penampilan Lionel Messi di Piala Dunia hingga pemain bintang Prancis Kylian Mbappe, rekor baru dibuat dengan setiap umpan dalam permainan. 

Belum lagi penampilan sensasional Maroko dengan menjadi negara Afrika pertama yang mencapai semifinal.

Baca terus untuk mengetahui rekor mana yang telah dipecahkan sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menjadi orang pertama yang mencetak gol di lima Piala Dunia berbeda (2006, 2010, 2014, 2018 dan 2022), ketika ia mencetak gol penalti dalam kemenangan 3-2 Portugal atas rival Grup H Ghana.

Pada usia 37 tahun 292 hari pada 24 November, dengan gol tersebut Ronaldo menjadi pemain tertua yang mencetak gol untuk Portugal di Piala Dunia.

Dia juga masih memegang rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Portugal di Piala Dunia 2006, pada usia 21 tahun 132 hari.

Saat turun ke lapangan untuk pertandingan melawan Ghana di Qatar, Ronaldo juga bergabung dengan Lionel Messi, Lothar Matthäus, Antonio Carbajal dan Rafael Márquez sebagai pemain yang bermain di lima Piala Dunia FIFA yang berbeda.

Kylian Mbappe

Performa menawan Mbappe sepanjang turnamen membawa Prancis ke ambang mempertahankan gelar mereka.

Aksi luar biasa Mbappe di pertandingan final Piala Dunia 2022 mencatatkan namanya bergabung dengan Geoff Hurst, sebagai satu-satunya orang yang mencetak hattrick di Final Piala Dunia.

Itu juga membuat Mbappe melampaui Pele sebagai pencetak gol Piala Dunia terbanyak sebelum usia 24 tahun.

Sayangnya, meski tampil brilian, Prancis kalah dari Argentina melalui adu penalti. Andai menang, ada segudang rekor lain yang akan dipecahkan pemain yang baru berusia 23 tahun itu.

 

Lionel Messi


Lionel Messi yang memainkan pertandingan terakhirnya di Piala Dunia 2022 pada hari Minggu melawan Prancis di final, adalah sosok yang dicintai dan dipuja di seluruh dunia oleh para penggemar sepak bola dari berbagai kalangan umur dan usia.

Dalam pertandingan terakhirnya di turnamen tersebut, Messi tak hanya memecahkan satu rekor, tapi juga menciptakan berbagai rekor baru.

Karena kita berbicara tentang salah satu pemain terbaik, atau malah yang terbaik, maka daftarnya juga akan sedikit panjang.

Mari kita lihat semua rekor yang telah dipecahkan dan diciptakan oleh Messi usai pertandingan puncak antara Argentina dan Prancis:

  1. Penampilan terbanyak di Piala Dunia FIFA

Segera setelah bintang sepak bola itu memasuki lapangan pada pertandingan terakhir Piala Dunia Qatar, Messi menjadi pemegang rekor sepanjang masa untuk memainkan pertandingan terbanyak di ajang Piala Dunia FIFA.

Dengan itu, sang mega bintang secara total mengoleksi 26 penampil di turnamen Piala Dunia. Dia melampaui pemegang rekor sebelumnya, Lothar Matthaus, dengan 25 penampilan.

 

Berikut daftar 5 pemain dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia FIFA:

– Lionel Messi 26 penampilan.

– Lothar Matthaus 25 penampilan.

– Miroslav Klose 24 penampilan.

– Paolo Cesare Maldini 23 penampilan.

– Christiano Ronaldo 22 penampilan.

 

  1. Satu-satunya pemain yang mencetak gol di semua tahap dalam 1 turnamen Piala Dunia

Pemain bintang itu mencetak gol pertama untuk timnya di pertandingan puncak dan membantu timnya memimpin dengan kuat di menit ke-23 pertandingan.

Dengan mencetak gol tersebut, Messi menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang mencetak gol di setiap babak dalam satu turnamen.

Messi mencetak gol di babak penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan 2 gol di final yang mengantar Argentina meraih trofi paling bergengsi di jagad sepak bola.

 

  1. Kemenangan terbanyak oleh seorang pemain di Piala Dunia

Argentina mengalahkan Prancis dalam pertandingan mendebarkan yang berlanjut ke perpanjangan waktu dan kemudian adu penalti.

Kemenangan tersebut menjadi pertandingan ke-17 yang dimenangkan Messi di ajang Piala Dunia FIFA. Dia menjadi pemegang bersama untuk memenangkan pertandingan Piala Dunia terbanyak bersama dengan Miroslav Klose dari Jerman.

 

  1. Menit terbanyak dimainkan dalam sejarah Piala Dunia

Messi memecahkan rekor legenda Italia Paolo Maldini dengan 2.217 menit. Messi yang telah bermain 2.194 menit di Piala Dunia sebelum melawan Prancis, menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak segera setelah menghabiskan 23 menit di lapangan saat final.

  1. Pemain pertama yang memenangkan dua bola emas

Bola emas diberikan kepada pemain dengan performa serba bisa terbaik di turnamen Piala Dunia. 

Dengan mendapatkan bola emas tersebut, Messi menjadi pemain pertama di dunia yang dua kali menerima penghargaan tersebut. Sepengetahuan Bonanza88, belum ada satu pun pemain yang pernah melakukan ini sepanjang sejarah Piala Dunia.

By miminwp