Fri. Jan 27th, 2023

Menurut Bonanza88, Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar usai dengan penuh kesan dan menegangkan.

Memang kompetisi sepak bola yang menghadapkan 32 timnas kelas atas dari 5 federasi ini tak pernah kekurangan akan peristiwa monumental dan hebat.

Dari sentuhan menonjol Cristiano Ronaldo sampai gol dan performa Lionel Messi di Piala Dunia sampai pemain bintang Prancis Kylian Mbappe, rekor baru dibikin dengan tiap umpan dalam permainan.

Belum juga performa spektakuler Maroko dengan jadi negara Afrika pertama kali yang capai semifinal.

Baca terus untuk ketahui rekor yang mana sudah terpecahkan sejauh penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo jadi orang pertama kali yang cetak gol di lima Piala Dunia berlainan (2006, 2010, 2014, 2018 dan 2022), saat dia cetak gol penalti dalam kemenangan 3-2 Portugal atas pesaing Group H Ghana.

Pada umur 37 tahun 292 hari pada 24 November, dengan gol itu Ronaldo jadi pemain paling tua yang cetak gol untuk Portugal di Piala Dunia.

Ia masih tetap menggenggam rekor sebagai pemain paling muda yang cetak gol untuk Portugal di Piala Dunia 2006, pada umur 21 tahun 132 hari.

Saat ke lapangan untuk laga menantang Ghana di Qatar, Ronaldo bergabung dengan Lionel Messi, Lothar Matthäus, Antonio Carbajal dan Rafael Márquez sebagai pemain yang bermain di lima Piala Dunia FIFA yang berbeda.

Kylian Mbappe

Perform menarik Mbappe sejauh kompetisi bawa Prancis ke tingkat menjaga gelar mereka.

Tindakan hebat Mbappe di laga final Piala Dunia 2022 memncatatkan namanya tergabung dengan Geoff Hurst, sebagai salah satu orang yang cetak hatrik di Final Piala Dunia.

Itu membuat Mbappe melebihi Pele sebagai pembuat gol Piala Dunia paling banyak saat sebelum umur 24 tahun.

Sayang, walau tampil cemerlang, Prancis kalah atas Argentina lewat beradu penalti. Seandainya menang, ada banyak rekor lain yang hendak dipecahkan pemain yang baru berumur 23 tahun itu.

 

Lionel Messi

 

Lionel Messi yang mainkan laga terakhir kalinya di Piala Dunia 2022 di hari Minggu menantang Prancis di final, ialah figur yang disayangi dan dipuji di penjuru dunia oleh beberapa fans sepak bola dari berbagai kalangan umur dan usia.

Dalam laga terakhir kalinya di kompetisi itu, Messi tidak cuma pecahkan satu rekor, tetapi juga membuat berbagai rekor baru.

Karena kita bicara mengenai salah satunya pemain terbaik, atau justru yang terbaik, karena itu daftarnya akan sedikit panjang.

Silahkan kita saksikan semua rekor yang sudah terpecahkan dan dibuat oleh Messi selesai laga pucuk di antara Argentina dan Prancis:

  1. Performa paling banyak di Piala Dunia FIFA

Selekasnya sesudah bintang sepak bola itu masuk lapangan pada laga paling akhir Piala Dunia Qatar, Messi jadi pemilik rekor selama hidup untuk mainkan laga paling banyak di gelaran Piala Dunia FIFA.

Dengan itu, si mega bintang secara keseluruhan mengumpulkan 26 penampil di kompetisi Piala Dunia. Ia melebihi pemilik rekor awalnya, Lothar Matthaus, dengan 25 performa.

 

Berikut daftar 5 pemain dengan performa paling banyak di Piala Dunia FIFA:

– Lionel Messi 26 performa.

– Lothar Matthaus 25 performa.

– Miroslav Klose 24 performa.

– Paolo Cesare Maldini 23 perorma.

– Cristiano Ronaldo 22 performa.

 

  1. Salah satu pemain yang cetak gol di semua tahapan di dalam 1 kompetisi Piala Dunia

Pemain bintang itu cetak gol pertama untuk timnya di laga pucuk dan menolong teamnya pimpin dengan kuat pada menit ke-23 pertandingan.

Dengan cetak gol itu, Messi jadi salah satu pemain dalam riwayat sepak bola yang cetak gol setiap set pada sebuah kompetisi.

Messi cetak gol di sesi kualifikasi group, set 16 besar, perempat final, semi-final, dan dua gol di final yang mengantarkan Argentina raih piala paling berprestise di jagad sepak bola.

 

  1. Kemenangan paling banyak dengan seorang pemain di Piala Dunia

Argentina menaklukkan Prancis dalam laga mendebarkan yang lanjut ke waktu perpanjangan dan beradu penalti.

Kemenangan itu jadi laga ke-17 yang dimenangkan Messi di gelaran Piala Dunia FIFA. Ia jadi pemegang bersama untuk memenangi laga Piala Dunia paling banyak bersama dengan Miroslav Klose dari Jerman.

 

  1. Menit paling banyak dimainkan dalam riwayat Piala Dunia

Messi pecahkan rekor legenda Italia Paolo Maldini dengan 2.217 menit. Messi yang sudah bermain 2.194 menit di Piala Dunia saat sebelum menantang Prancis, jadi pemain dengan menit bermain paling banyak selekasnya sesudah habiskan 23 menit di atas lapangan saat final.

  1. Pemain pertama kali yang memenangi dua bola emas

Bola emas dikasih ke pemain berperforma serba dapat terbaik di kompetisi Piala Dunia.

Dengan memperoleh bola emas itu, Messi jadi pemain pertama di dunia yang 2x terima penghargaan itu. Setahu Bonanza88, tidak ada satu juga pemain yang sempat lakukan ini sejauh riwayat Piala Dunia.

By miminwp