Fri. Jan 27th, 2023

Akhir dari perjalanan Piala Dunia 2022 Qatar sudah di depan mata. Babak final yang akan di gelar di Stadion Lusail pada Minggu (18/12) berhasil mempertemukan dua tim tangguh yakni Argentina dan Perancis.

Duel kedua kapten timnas antara Lionel Messi dan Hugi Lloris dalam memperebutkan trofi Piala Dunia 2022 menjadi panggung terakhir yang ditonton miliaran pasang mata pecinta sepakbola di dunia.

Segala persiapan FIFA dan Qatar sebagai tuan rumah dalam menyukseskan laga akbar pertandingan antara Argentina dan Perancis sudah rampung.

Sementara sehari sebelumnya, Sabtu (17/12), tim Kroasia dan Maroko bakal menjalani perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Internasional Khaliffa, Ar Rayyan, pukul 22.0 WIB.

Seperti sahabat Bonanza88 ketahui, Kroasi kalah dari Argentina pada babak semifinal. Hal serupa dialami Maroko yang kalah dari Perancis. 

Pada perebutan tempat ketiga antara Kroasia dan Maroko dipastikan juga tak kalah menarik dibanding babak final.

Ini karena kedua tim kuda hitam tersebut sudah pernah bertemu pada babak penyisihan Grup F dengan hasil imbang tanpa gol.

Kembali ke duel panas antara Argentina dan Perancis pada babak final esok, kedua tim masing-masing sudah melewati berbagai pertandingan dari babak kualifikasi fase grup hingga semifinal.

Di bawah ini, Bonanza88 rangkum perjalanan kedua tim ke Final Piala Dunia 2022. Check it out.

Timnas Perancis

Bisa dikatakan, perjalanan Perancis ke babak Final Piala Dunia 2022 tampak mulus tanpa hambatan. Diketahui, tim  Les Bleus hanya mengalami satu kali kekalahan dan selebihnya menang.

Memasuki laga pertama di babak fase grup, Perancis sempat dikejutkan oleh Australia karena lebih dahulu kebobolan gol melalui tendangan Craig Goodwin pada menit ke-9.

Namun, skor kembali disamakan oleh Adrien Rabiot di menit ke-20. Gol pembuka Rabiot ke gawang Hugo Lloris kemudian diikuti oleh Olivier Giroud dengan mencetak dua gol. 

Setelahnya, giliran Kylian Mbappe yang mengakhir pesta gol sebelum laga pertandingan berakhir dengan skor 4-1 atas kemenangan Perancis.

Pada babak kedua fase grup, Perancis bertemu dengan Denmark. Pertandingan tersebut berlangsung cukup sengit meski kedua tim memiliki kualitas pemain yang cukup imbang.

Bahkan, sebuah gol baru terjadi di menit ke-60 pertandingan berlangsung atas aksi heroik Kylian Mbappe lantaran Perancis kesulitan menembus benteng kokoh pertahanan Denmark.

Kylian Mbapper sukses mencetak dua gol dalam pertadingan tersebut. Sementara, Denmark hanya mencetak gol melalui Andreas Christensen.

Hal pertandingan tersebut berhasil dimenankan Perancis atas Denmark dengan skor akhir 2-1. Dalam  dua kemenangan di laga fase grup memastikan Perancis melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Meski sudah dipastikan lolos dari fase grup, Perancis masih harus melakoni laga pertandingan terakhir melawan Tunisia. Sang pelatih Perancis Didier Deschamps memutuskan untuk menurunkan banyak pemain yang minim pengalaman menghadapi Tunisia.

Setidaknya ada sebanyak 8 pemain inti skuad Perancis yang dirotasi olehnya. Meski tampil garang dan mendominasi permainan, justru Les Bleus gagal mencetak satu gol pun hingga babak akhir pertandingan.

Sebaliknya, Tunisia berhasil melesatkan satu buah gol berkat tendangan Wahbi Khazri dengan hasil akhir 0-1 bagi kemenangan Tunisia. 

Tentu saja hasil tersebut tidak mempengaruhi bagi Perancis yang sudah lebih dahulu melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Dalam laga 16 besar, Perancis melakoni laga melawan Polandia. Di mana, Perancis berhasil menjebol gawang Polandia sebanyak tiga kali berkat tendangan Olivier Giroud dan Kylian Mbappe.

Polandia pun hanya bisa memperkecil ketertinggalan skor melalui satu gol dari tendangan pinalti milik Robert Lewandowski. Skor akhir pertandingan berakhir 3-1 untuk kemenangan Perancis atas Polandia. 

Memasuki babak perempat final, Perancis akhirnya bertemu dengan salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2022 yakni Inggris. Saat menjalankan laga pertandingan, terlihat Perancis kesulitan dalam meraih kemenangan.

Pada akhirnya, Perancis berhasil mencetak dua gol ke gawang Inggris berkat tendangan Aurelien Tchouameni dan juga Olivier Giround.

Seolah tak mau kalah, Inggris pun membalaskan gol dengan menyamakan kedudukan melalui tendangan pinalti Harry Kane.

Bisa dikatakan, pertandingan antara Perancis dan Inggris dapat berakhir dengan skor imbang di waktu normal. Jika saja, Harry Kane dapat menjebol gawang Hugo Lloris melalui tendangan pinalti di menit ke-84.

Sayangnya tendangan yang dilesatkan bisa ditepis oleh kiper Perancis dan membuat Les Bleus maju ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Di babak semifinal, Perancis bertemu dengan tim kuda hitam Maroko yang sebelumnya berhasil mengalahkan tim-tim besar seperti Belgia, Spanyol dan Portugal.

Secara mengejutkan, Perancis dapat menaklukan Maroko dengan skor 2-0 berkat gol milik Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani yang membawa mereka melaju ke babak final Piala Dunia 2022.

By miminwp