Fri. Jan 27th, 2023

Akhir dari perjalanan Piala Dunia 2022 Qatar sudah di depan mata. Babak final yang akan di gelar di Stadion Lusail pada Minggu (18/12) berhasil mempertemukan dua tim tangguh yakni Argentina dan Perancis.

Duel kedua kapten timnas antara Lionel Messi dan Hugi Lloris dalam memperebutkan trofi Piala Dunia 2022 menjadi panggung terakhir yang ditonton miliaran pasang mata pecinta sepakbola di dunia.

Segala persiapan FIFA dan Qatar sebagai tuan rumah dalam menyukseskan laga akbar pertandingan antara Argentina dan Perancis sudah rampung.

Sementara sehari sebelumnya, Sabtu (17/12), tim Kroasia dan Maroko bakal menjalani perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Internasional Khaliffa, Ar Rayyan, pukul 22.0 WIB.

Seperti sahabat Bonanza88 ketahui, Kroasi kalah dari Argentina pada babak semifinal. Hal serupa dialami Maroko yang kalah dari Perancis. 

Pada perebutan tempat ketiga antara Kroasia dan Maroko dipastikan juga tak kalah menarik dibanding babak final.

Ini karena kedua tim kuda hitam tersebut sudah pernah bertemu pada babak penyisihan Grup F dengan hasil imbang tanpa gol.

Kembali ke duel panas antara Argentina dan Perancis pada babak final esok, kedua tim masing-masing sudah melewati berbagai pertandingan dari babak kualifikasi fase grup hingga semifinal.

Di bawah ini, Bonanza88 rangkum perjalanan kedua tim ke Final Piala Dunia 2022. Check it out.

Timnas Argentina

Datang dengan predikat salah satu tim favorit juara, Argentina mendapat kejutan di laga perdana Piala Dunia 2022 dengan menelan kekalahan skor 1-2 dari Arab Saudi. 

Padahal tim berjuluk La Albicelesta itu tampil dominan berkat gol pinalti Lionel Messi di babak pertama. Akan tetapi, situasi malah berbalik pada laga kedua pertandingan.

Timnas Arab Saudi mampu memanfaatkan serangan balik dan sukses menjebol gawang Argentina dengan dua gol melalui tendangan Saleh Al Shehri di menit ke-48 dan Salem Al Dawsari di menit ke-53.

Waktu pun masih tersisa sekitar 30 menit bagi Argentina untuk membalikan keadaan. Namun, skor 1-2 bagi Arab Saudi tetap bertahan hingga akhir pertandingan.

Kekalahan Argentina tersebut tak diduga banyak orang sehingga menempatkan La Albicelesta dalam situasi pelik dalam fase grup.

Messi dan kawan-kawan tak boleh membuang poin di dua laga terakhir jika ingin lolos ke babak 16 besar.

Pada akhirnya, Argentina bangkit dan melakoni dua laga pertandingan hidup dan mati dengan hasil baik. Di laga kedua melawan Meksiko, La Pulga alias Lionel Messi dan Enzo Fernandez berhasil membobol gawang Meksiko dengan skor akhir 2-0. 

Dalam pertandingan tersebut, Argentina mendominasi permainan dikala Meksiko lebih banyak menunggu dalam melancarkan serangan balik.

Dalam laga terakhir fase grup melawan Polandia, Argentina kembali tampil sangar hingga mendominasi permainan sampai babak berakhir dengan skor kemenangan 2-0.

Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez berhasil mencetak gol ke gawang Poladia dari total 23 tendangan yang dilakukan Lionel Mess cs.

Dari dua kemenangan beruntun tersebut, akhirnya menempatkan Argentina melaju ke babak 16 besar dengan status sebagai jawara grup. Tim La Albicelesta pun terhindar dari laga berat melawan Perancis pada babak 16 besar.

Memasuki babak 16 besar, Argentina bertemu dengan Australia. Dalam pertandingan melawan tim Socceroos, Argentina harus kembali bekerja keras untuk menjebol pertahanan lawan.

Terbukti, peran Messi dan Julian Alvarez semakin mempesona dengan mencetak gol ke gawang Australia dan memimpin skor sementara 2-0. 

Tim Australian pun sempat memperkecil ketinggalan skor karena terjadi gol bunuh diri Enzo Fernandes menjadi skor 2-1. Namun, skor tersebut bertahan hingga peluit wasit berbunyi tanda pertandingan berakhir dengan kemenangan Argentina.

Berlanjut ke babak perempat final, Argentina kontra Belanda yang juga berambisi untuk menjuarai Piala Dunia 2022. Menariknya, dalam laga tersebut mempunyai tensi tinggi lantaran Louis Van Gaal sempat mengucapkan pernyataan yang membuat skuad Argentina kesal.

Nahuel Molina dan Lionel Messi pun membalasnya dengan menjebol gawang Belanda 2-0 dan memimpin perolehan skor sementara. Akan tetapi, kegigihan dan pantang menyerah membuat Tim Oranye menyamakan kedudukan dengan skor imbang 2-2 melalui tendangan Wout Weghorst di penghujung laga berakhir.

Laga pertandingan kembali berlanjut hingga babak tambahan waktu yang berjalan semakin sengit. Bahkan, Denzel Dumfries terganjar kartu merah oleh wasit. 

Drama adu pinalti terjadi di mana Argentina berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3 atas Belanda selepas Virgil Van Dijk serta Steven Berghuis gagal melakukan tendangan pinalti ke gawang Argentina.

Di babak Semifinal, Argentina tampil lebih memukau dengan sukses menaklukan Krosia 3-0 tanpa balas. Ini terjadi selepas Messi membuka gol pertama dan dikuti Alvarez dengan melesatkan dua gol selanjutnya untuk Argentina.

Argentina akhirnya melaju ke babak Final Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Perancis yang akan digelar pada 18 Desember 2022 mendatang di Stadion Lusail, Qatar.

By miminwp