Tue. Dec 6th, 2022

Jika Anda pebisnis ulung sudah pasti ingin menarik berbagai pelanggan demi menjaga eksistensi bisnis yang dimiliki bukan ? Namun, terkadang keinginan tersebut tak selalu sejalan dengan keadaan.

Ada kalanya, bisnis yang dijalan gagal karena belum menerapkan teknik promosi yang benar. Bisa saja, Anda belum menerapkan salah satu strategi bernama sales funnel yang bisa mendongkrak angka penjualan produk.

Lantas apa sih sales funnel itu ? jika belum memahai Bonanza 88 coba jabarkan di bawah ini.

Jika diartikan, sales funnel adalah sebuah cara menvisualisakan perjalanan pelanggan melalui proses penjualan. 

Proses perjalanan pelanggan bisa terjadi ketika mereka membutuhkan sebuah produk dan tertarik melakukan pembelian.

Dalam sales funnel biasanya dimulai dengan banyak calon pelanggan yang tertarik dengan produk Anda. Namun pada akhirnya hanya sedikit saja pelanggan yang membeli produk.

Jadi inti dari proses sales funnel yakni bagaimana Anda menarik traffic pengunjung untuk mendapatkan kontak dan mengubah kontak tersebut menjadi peluang bisnis. 

Pada akhirnya, Anda dapat merebut dan meyakinkan hati mereka untuk melakukan transaksi pembelian. Cukup tertantang bukan jika berhasil dilakukan.

Penggunaan sales funnel sendiri merupakan kunci utama dalam mengukur dan memperbaiki penjualan Anda. Pada akhirnya Anda yang dapat mendongkrak lebih banyak transaksi dengan pelanggan.

Tahapan Sales Funnel Tarik Pelanggan

Dalam sales funnel, terdapat 5 tahap penting yang harus dilakukan untuk sukses menarik pelanggan. Apa saja tahapannya, Bonanza88 rangkum di bawah ini :

  • Tahap Awareness. 

Ini menjadi tahap pertama dalam penerapan sales funneling yang baik. Dimana, tahap awareness menjadikan pelanggan mengenali kebutuhan yang sebelumnya tak pernah disadari.

Pada tahap ini, akan terjadi kecenderungan pelanggan membeli produk yang Anda tawarkan melalui berbagai media promosi.

  • Tahap Pencarian. 

Selanjutnya, para pelanggan mulai mencari informasi tentang produk dalam bisnis Anda. Di sini pelanggan akan fokus pada merek suatu produk mulai dari kegunaan hingga manfaat jangka panjang.

  • Tahap Evaluasi

Setelah masuk pada tahap evaluasi, biasanya pelanggan mulai melakukan berbagai pertimbangan dari segala aspek produk seperti kualitas dan harga untuk dibandingkan dengan produk sejenis dari competitor.

Berbagai pertimbangan yang dilakukan biasanya akan berpengaruh terhadap keputusan untuk jadi membeli atau tidak sama sekali. 

  • Tahap Intent. 

Tahap intens yakni ketika pelanggan mulai melakukan analisis produk, layanan hingga brand. Apabila Anda menyediakan fitur yang memungkinkan pelanggan mengajukan pertanyaan, maka pelanggan akan banyak bertanya mengenai banyak hal.

Tujuannya tak lain ingin memperkuat hasil dari berbagai pertimbangan mereka berdasarkan berbagai aspek dari produk Anda.

  • Tahap Purchase

Terakhir yakni tahapn purchase atau pembelian. Dimana akhirnya pelanggan berkeyakinan penuh untuk melakukan pembelian.

Pada tahap ini kemungkinan pelanggan kembali akan menghubungi Andi untuk proses bertanya perihal ketersediaan promo atau adanya harga khusus hingga bonus sebelum akhirnya membeli produk.

Strategi Sales  Funnel Mendorong Angka Penjualan

Setelah Anda mengenali 5 tahapan penting sales funnel, selanjutnya Bonanza88 membocorkan strategi sales funnel untuk mendongkrak penjualan produk Anda.

  • Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti tiktok, instagram, facebook untuk berinteraksi dengan calon pelanggan maupun pelanggan lama.

 

Sebaiknya unggah konten menarik yang membawa umpan balik kepada pelanggam. Tak melulu konten mengenai produk yang diiklankan tapi juga bisa memberikan tips kesehatan yang bermanfaat bagi keseharian.

  • Jika ada kritik dan saran dari pelanggan maka jadikanlah sebagai masukan untuk bahan evaluasi ke depan.

Anda bisa membuat kotak saran yang bisa Anda buka selama 3 bulan – 6 bulan sekali sebagai bahan evalusi menjadi lebih baik lagi.

  • Jangan ketinggalan menghadirkan ragam produk dan layanan baru dalam mengikuti perkembangan zaman sesuai kebutuhan pelanggan dan trend pasar Anda.

Pasalnya, sales funnel tidak hanya cocok dalam mendukung perkembangan bisnis online, tetap juga bagi bidang bisnis lainnya. 

Dengan kata lain, hadirkan inovasi terbaru yang menjadi kebutuhan agar pasar tidak jenuh dan mendapatkan lebih banyak manfaat dari produk bisnis Anda.

By miminwp