Tue. Dec 6th, 2022

Anda pernah mendengar istilah brand image ? bagi yang masih awan istilah ini, bisa diartikan sebagai gambaran suatu pemahaman seseorang terhadap sebuah merek. 

Atau jika disederhanakan, brand image adalah sebuah citra merek yang dibangun dari suatu produk tertentu. Dari sini Anda sudah paham defisini brand image bukan ?

Nah, berbicara brand image pasti Anda masih ingat dengan berita menghebohkan yang sempat viral dimana sejumlah brand lokal ‘manggung’ di Paris Fashion Week 2022. 

Namun setelah ditelusuri, nyatanya brand-brand tersebut hanya ‘manggung’ di event lain di Paris bukan di acara Paris Fashion Week 2022.

Jika ditarik benang merahnya, para brand lokal tersebut tengah membangun brand image di masyarakat sehingga produk mereka mendapat atensi lebih dilihat.

Oke, mari kita tinggalkan Paris Fashin Week 2022 dan kembali ke topik awal.

Saat ini,  banyak perusahaan besar yang berhasil membangun brand image dengan baik. Salah satu diantara yakni brand Nike. 

Selama ini, Nike dikenal sebagai salah satu brand pakaian olahraga. Mulai dari baju, celana, topi, sepatu, jaket dan sebagainya. 

Beda lagi dengan brand minuman Coca Cola. Dimana, brand satu ini terkenal dengan produk minuman yang biasanya dihidangkan saat pesta yang penuh kebahagian dan kegembiraan.

Pentingnya Brand Image Melalui Website

Bonanza88 sepakat, sebuah brand image perlu dibangun dari awal untuk menarik pelanggan. 

Apalagi di zaman serba digital saat ini yang semua informasi mudah didapatkan hanya melalui gadget yang terkoneksi dengan internet.

Tak terkecuali untuk lini bisnis dan perusahaan. Salah satu tool digital untuk membangun brand image yakni melalui website. Bagaimana bisa ?

Ya, banyak alasan kenapa website sangat penting untuk membangun brand image perusahaan. Salah satu alasan yakni kecepatan penyampaian informasi kepada pelanggan yang akurat, jelas dan cepat.

 

Pada dasanya, website adalah sebuah halaman web yang bisa diakses menggunakan internet oleh siapapun dan dimanapun. Di dalam website tersedia beragam informasi penting yang disediakan bagi perorangan, kelompok dan organisasi.

Melansir data dari Global Web Index, sebanyak 62% orang-orang yang mengunjungi sebuah website sekedar hanya mendari informasi mengenai merek maupun produk tertentu.

Jika dikaitkan, hadirnya website juga memudahkan peran promosi terhadap produk perusahaan agar dikenal banyak orang. Lazimnya, website perusahaan menghadirkan informasi lengkap yang mudah diperbaharui.

Manfaat Sebuah Website Bagi Brand Image Perusahaan

  • Profil Perusahaan

Perusahaan mana yang produknya ingin dikenal luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, sebuah website bisa membantu memperkenalkan profil perusahaan.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin membeli sebuah barang dengan merek yang belum dikenal. Maka, Anda pasti akan berpikir terlebih dahulu untuk mencari tahui.

Salah satunya dengan membuka website resmi perusahaan yang biasanya semua informasi mulai dari profil perusahaan, produk, layanan call center ada di sana. 

  • Sarana Komunikasi

Biasanya pintu komunikasi antara perusahan dengan pelanggan relatif lebih mudah melalui website. Pasalnya ada banyak fitur yang sudah terintegrasi langsung ke wesite perusahaan.

Salah satunya fitur direct link yang hanya tinggal klik maka akan langsung terhubung ke whatapp. Ada juga fitur live chat dengan customer service langsung di sebuah website.

  • Membangun Brand Perusahaan

Manfaat lain yang tak kalah penting sebuah website yakni bisa membangun brand image yang kuat dan terpercaya bagi pelanggan.

Semisal, ketika perusahaan ingin upload hasil karya baik tulisan, foto, video, music ke sebuah website. Cara ini merupakan bagian dari membangun personal brand image yang profesional.

Bagi kebutuhan branding, situs website harus menghadirkan informasi jelas, dan up to date. Catatan testimony juga sangat penting yang menjadi bagian dari sebuah website.

  • Target Pelanggan Lebih Luas

Seperti kita tahu, kehadiran website tidak hanya diperuntukan bagi pasar lokal semata tapi juga internasional. Inilah kehebatan sebuah website yang bisa menjangkau khalayak luas untuk keperluan pemasaran.

Kondisi ini justru berbeda jika hanya mengandalkan pemasaran konvensional yang terbatas pada ruang waktu dan lokasi. Pemasaran ini mulai ditinggalkan dan beralih ke sistem online

By miminwp